THE POWER OF DATA

Sekilas tidak ada hubungnnya dengan bisnis
tapi jangan salah ternyata di era digital bisnis
adalah UUD. Bisnis adalah Ujung-Ujungnya
DATA. Anda tidak mungkin bisa BROADCAST
atau hubungi calon konsumen/ pembeli
tanpa DATA kan? Ya sekali lagi DATA, DATA,
dan DATA.

  • Platform OJEK Online atau tepatnya adalah transportasi online yang dulunya hanya platform transportasi saja, tapi sekarang hampir seperti marketplace. semuanya serba ada.
  • Menurut teori evolusi, yang bertahan hidup bukanlah yang terkuat tapi yang mampu beradaptasi dari seleksi alam.
  • Bahkan mall-mall besar pun mulai membuat toko online. Marketingnya pun juga via online.

Seberapa banyak kontak WA yg kita punya maka akan besar juga peluang yg akan kita dapatkan karena kontak WA adalah data yg Rill kita miliki tidak ada bantuan alat atau  robot coba kita perhatian yg melihat status WA kita itu semua adalah manusia bukan robot.

Dengan WA biasanya setelah data pelanggan kita dapatkan bisa kita masukan ke dalam Grup WA hanya kendalanya Grup WA cuma bisa menampung 256 orang saja maka solusinya kita bisa menggunakan Grup atau Channel Telegram.

kelebihannya kita bisa menampung ribuan anggota ke dalam grup dan channel telegram yg kita buat serta kita bisa mengotomatisasikan pengisian materi ke dalamnya.

~ NO. TELEPHONE (WA);

~ EMAIL

~ FACEBOOK

~ INSTAGRAM

~ TELEGRAM

  • MARKETPLACE adalah model bisnis yang mana website yang bersangkutan tidak hanya membantu mempromosikan barang dagangan saja, tapi juga memfasilitasi transaksi uang secara online.

  • Pada sistem belanja online ini, sebuah website menyediakan lahan atau tempat  bagi para penjual untuk menjual produk-produknya.

  • Setiap produk yang terdapat dalam website tersebut telah diberikan spesifikasi dan penjelasan kondisi produknya, sehingga pembeli dapat langsung mengklik tombol “beli” kemudian melakukan transfer sejumlah harga yang tercantum.

  • 2013 Lazada masuk Indonesia, sehingga mulailah ada pergeseran, orang jadi berani beli barang secara online, karena lazada ada kurir nya dan bisa COD (Cash On Delivery) atau bayar di tempat.
  • Adanya marketplace ini yang mulai 2015 sampai sekarang makin banyak dikenal dan membuat orang semakin senang belanja online melalui marketplace
  • Strategi promosi  dengan menggunakan marketplace yg mana pelanggan dari sana kita arahkan ke WA yg kita punya untuk menambah data pelanggan sehingga ketika kita ingin mempromosikan barang yg lain atau promo dadakan kita bis memberitahukannya melalui WA.

 

Sebagai pembisnis online kita wajib memiliki yg namanya data pelanggan atau bahasa marketingnya adalah database yg mana ini sangat berguna buat kita untuk menginfokan kembali kepada mereka

Mulailah dari hal sederhana ketika kita punya pembeli 5 maka sebisa mungkin minta No WAnya sebagai data pelanggan atau pembeli dari produk kita bisa juga dengan mengkategorikan namanya berdasarkan :

– Nama.

– Kota.

– Produk.

– dll

 

Contoh Berdasarkan Kota :

– Yuni Tangerang

– Hijab

 

– Toni Tebet

– Kaos kaki

 

Cara Berhasil Menjual Produk Secara Online

Yaitu mempromosikan produk secara langsung menggunakan saluran gratis misalnya status Facebook, story WA, grup, kolom komentar sosmed dll.

Menggunakan saluran pemasaran berbayar seperti FB Ads, google ads, bing ads, soloads, ig ads dll. Prinsipnya selama harga jual produk dikurangi modal pengadaan produk dan biaya iklan masih profit maka iklan terus dilanjutkan.

Traffic yang dihasilkna baik dari promosi organik maupun iklan berbayar tidak diarahkan langsung jualan produk, melainkan diarahkan ke penawaran sesuatu yang gratis (lead magnet) dan membarternya dengan data kontak seperti alamat email. Jadi fokus metode ini adalah membangun database audience terlebih dahulu.

Cara ini adalah dengan konsisten memproduksi dan mempublikasikan konten baik bentuk tulisan, audio atau video, menggunakan channel public seperti channel youtube, blog, akun ig, tiktok dll dan fokus membangun follower atau subscriber.

Yaitu menghasilkan penjualan dengan cara bekerjasama dengan pihak lain. Ini bisa dari sisi pembuatan produk, proses launching, pemasaran long term atau kolaborasi dari sisi pembuatan konten dll.

Jika kita berhasil membangun komunitas calon pembeli, komunitas pembeli dan komunitas customer secara solid maka bukan hanya bisa menghasilkan penjualan sekali waktu tapi juga penjualan berulang, stabil untuk jangka panjang.

Pasukan penjualan ini bisa meledakan angka penjualan produk. Bentuknya bisa berupa karyawan yang kita gaji dan fokus untuk jualan, bisa juga program affiliate yang kita buka untuk umum dengan sistem komisi dan reward yang menarik, atau program reseller, dropshipper, agen dll.

 

Cukup fokus kepada salah satu jalan saja maka kita bisa menghasilkan penjualan secara online.

 

Lalu jika kita bisa mengkombinasikan beberapa jalan di atas tentu hasilnya akan lebih maksimal.

Media Promosi..

 

Promosi merupakan ujung tombang dari sebuah Bisnis tanpa adanya promosi tidak akan ada transaksi baik itu Bisnis Offline maupun Maupun Online keduanya harus di promosikan.

Referensi

Bejo Sutrisno. 2021. Mahasiswa Jago Jualan. UMT Press.

Wilayan Tanoyo. 2018. Marketplace, Telegram Chanel.

Tips Selling. 2022. Telegram Chanel.