Sekilas tidak ada hubungnnya dengan bisnis
tapi jangan salah ternyata di era digital bisnis
adalah UUD. Bisnis adalah Ujung-Ujungnya
DATA. Anda tidak mungkin bisa BROADCAST
atau hubungi calon konsumen/ pembeli
tanpa DATA kan? Ya sekali lagi DATA, DATA,
dan DATA.
Seberapa banyak kontak WA yg kita punya maka akan besar juga peluang yg akan kita dapatkan karena kontak WA adalah data yg Rill kita miliki tidak ada bantuan alat atau robot coba kita perhatian yg melihat status WA kita itu semua adalah manusia bukan robot.
Dengan WA biasanya setelah data pelanggan kita dapatkan bisa kita masukan ke dalam Grup WA hanya kendalanya Grup WA cuma bisa menampung 256 orang saja maka solusinya kita bisa menggunakan Grup atau Channel Telegram.
kelebihannya kita bisa menampung ribuan anggota ke dalam grup dan channel telegram yg kita buat serta kita bisa mengotomatisasikan pengisian materi ke dalamnya.
~ NO. TELEPHONE (WA);
~ TELEGRAM
MARKETPLACE adalah model bisnis yang mana website yang bersangkutan tidak hanya membantu mempromosikan barang dagangan saja, tapi juga memfasilitasi transaksi uang secara online.
Pada sistem belanja online ini, sebuah website menyediakan lahan atau tempat bagi para penjual untuk menjual produk-produknya.
Setiap produk yang terdapat dalam website tersebut telah diberikan spesifikasi dan penjelasan kondisi produknya, sehingga pembeli dapat langsung mengklik tombol “beli” kemudian melakukan transfer sejumlah harga yang tercantum.
Sebagai pembisnis online kita wajib memiliki yg namanya data pelanggan atau bahasa marketingnya adalah database yg mana ini sangat berguna buat kita untuk menginfokan kembali kepada mereka
Mulailah dari hal sederhana ketika kita punya pembeli 5 maka sebisa mungkin minta No WAnya sebagai data pelanggan atau pembeli dari produk kita bisa juga dengan mengkategorikan namanya berdasarkan :
– Nama.
– Kota.
– Produk.
– dll
Contoh Berdasarkan Kota :
– Yuni Tangerang
– Hijab
– Toni Tebet
– Kaos kaki
Yaitu mempromosikan produk secara langsung menggunakan saluran gratis misalnya status Facebook, story WA, grup, kolom komentar sosmed dll.
Menggunakan saluran pemasaran berbayar seperti FB Ads, google ads, bing ads, soloads, ig ads dll. Prinsipnya selama harga jual produk dikurangi modal pengadaan produk dan biaya iklan masih profit maka iklan terus dilanjutkan.
Traffic yang dihasilkna baik dari promosi organik maupun iklan berbayar tidak diarahkan langsung jualan produk, melainkan diarahkan ke penawaran sesuatu yang gratis (lead magnet) dan membarternya dengan data kontak seperti alamat email. Jadi fokus metode ini adalah membangun database audience terlebih dahulu.
Cara ini adalah dengan konsisten memproduksi dan mempublikasikan konten baik bentuk tulisan, audio atau video, menggunakan channel public seperti channel youtube, blog, akun ig, tiktok dll dan fokus membangun follower atau subscriber.
Yaitu menghasilkan penjualan dengan cara bekerjasama dengan pihak lain. Ini bisa dari sisi pembuatan produk, proses launching, pemasaran long term atau kolaborasi dari sisi pembuatan konten dll.
Jika kita berhasil membangun komunitas calon pembeli, komunitas pembeli dan komunitas customer secara solid maka bukan hanya bisa menghasilkan penjualan sekali waktu tapi juga penjualan berulang, stabil untuk jangka panjang.
Pasukan penjualan ini bisa meledakan angka penjualan produk. Bentuknya bisa berupa karyawan yang kita gaji dan fokus untuk jualan, bisa juga program affiliate yang kita buka untuk umum dengan sistem komisi dan reward yang menarik, atau program reseller, dropshipper, agen dll.
Cukup fokus kepada salah satu jalan saja maka kita bisa menghasilkan penjualan secara online.
Lalu jika kita bisa mengkombinasikan beberapa jalan di atas tentu hasilnya akan lebih maksimal.
Media Promosi..
Promosi merupakan ujung tombang dari sebuah Bisnis tanpa adanya promosi tidak akan ada transaksi baik itu Bisnis Offline maupun Maupun Online keduanya harus di promosikan.
Referensi
Bejo Sutrisno. 2021. Mahasiswa Jago Jualan. UMT Press.
Wilayan Tanoyo. 2018. Marketplace, Telegram Chanel.
Tips Selling. 2022. Telegram Chanel.